Sabtu, April 05, 2014

Ini 10 Perbedaan UN 2014 Dibanding Tahun Lalu


UN

BENGKULU – Ujian nasional yang akan digelar pada April 2014 mendatang jauh berbeda dengan ujian nasional pada tahun 2013 lalu.
Seperti diungkapkan oleh Sekretaris BSNP Tengku Ramli pada saat memberikan materi sosialisasi UN untuk Dispendik seluruh kab/kota se Provinsi Bengkulu menurutnya ada 10 perbedaan UN tahun 2014 dibandingkan dengan UN 2013 lalu.
“Pertama dari sisi komposisi nilai sekolah dimana tahun ini komposisi nilai sekolah terdiri atas 70 persen nilai rapor dan 30 persen nilai ujian nasional,” katanya, Jum’at (21/3) di ruang sidang Dispendikprov Jl. May Jend S. Parman No 7 Kota Bengkulu.
Lalu kata dia jika peran BSNP pada UN 2013 lalu menjadi penyelenggara dan pelaksana maka di tahun 2014 ini  BSNP hanya menjadi penyelenggara saja.
“Perbedaan ketiga yakni perguruan tinggi tidak lagi berperan dalam pelaksanaan UN tetapi berperan dalam pengawasan UN SMA/MA, SMK, Paket C, dan paket kejuruan ditingkatkan,” tambahnya.
Kemudian kata dia perbedaan ke empat yakni LPMP dilibatkan dalam pengawasan SMP dan SMA sederajat.
“Untuk jadwal juga berubah dimana pelaksanaan UN tahun ini hanya 3 hari dengan dua mata pelajaran setiap hari kemudian jadwal UN paket C selama 3 hari dengan dua sampai tiga mata pelajaran setiap hari,” katanya.
Perbedaan ketujuh yakni pemanfaatan hasil UN sepenuhnya dijadikan pertimbangan masuk PTN. “Kalau dulukan belum sepenuhnya dijadikan pertimbangan masuk PTN,” katanya.
Perbedaan ke delapan UN SD/MI ditiadakan dan dilaksanakan oleh pemerintah daerah dalam bentuk ujian sekolah/madrasah.
“Perbedaan terakhir yakni jumlah pengawas satuan pendidikan dimana jumlah pengawas bertambah dengan background dari perguruan tinggi atau LPMP,” tutupnya.(Sey)

0 comments:

Posting Komentar