Senin, Juni 09, 2014

Penerimaan Pendaftaran Peserta Didik Baru 2014/2015


PENDAHULUAN
1.1.            LATAR BELAKANG
Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB )  adalah kegiatan  penerimaan dan seleksi calon peserta pendidikan dan pelatihan pada sekolah, hal tersebut berkaitan dengan kemampuan dasar akademik dan minat bakat terhadap jenjang sekolah yang di tuju sebagai bentuk awal pengendalian penjaminan dan penetapan mutu pendidikan. Guna mendukung upaya jenjang pendidikan kearah tujuan yang di inginkan.
PPDB merupakan salah satu unsur dari komponen Siswa dalam sebuah lembaga pendidikan. PPDB dengan segala sistemnya,  dilakukan untuk mengetahui dan mengukur Input sekolah guna membantu perkembangan sekolah serta diharapkan dapat memberikan kontribusi yang tinggi dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan pendidikan dan pelatihan dimasa yang akan datang. Proses seleksi yang dilakukan adalah suatu proses penilaian terhadap kemampuan awal calon peserta didik dari sisi kemampuan akademik , minat dan bakat peserta.dengan menjadikan semua bukti hasil seleksi calon peserta diklat sebagai acuan pengambilan keputusan dalam menentukan kelulusan dan keabsahan siswa yang diterima.
Proses seleksi yang dilaksanakan pada  tingkat sekolah dasar, merupakan bagian integral dari upaya peningkatan mutu calon peserta didik sekolah dasar serta sebagai gambaran awal bagi pelayanan pendidikan dan selanjutnya dapat dipergunakan sebagai bahan pembinaan dan pengembangan siswa pada pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.
 1.2.            DASAR PEMIKIRAN
  1. UU – RI No. 20   Tahun  2003  tentang  Sistem Pendidikan Nasional.
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidik­an.
  3. Program Sekolah Tahun Pelajaran 2014
  4. Hasil Rapat Guru dan Komite Sekolah
1.3.            T U J U A N
Tujuan dari Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMP Dwijendra Denpasar adalah untuk menarik minat anak-anak yang sudah memiliki kemampuan akademik, kematangan kepribadian dan emosional serta ketrampilan untuk mengikuti dan menyelesaikan pendidikan di SMP Dwijendra Denpasar.
1.4.            SASARAN
Sasaran dari kegiatan Penerimaan Peserta Didik baru (PPDB) ini adalah anak-anak yang sudah menyelesaikan atau lulus pendidikan di sekolah dasar.

BAB II
PELAKSANAAN  KEGIATAN

2.1.            PANITIA KEGIATAN
Panitia Kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru terdiri dari Guru-guru di SMP Dwijendra Denpasar  yang telah diberi tugas melalui Surat Keputusan Kepala SMP Dwijendra Denpasar. (terlampir)
2.2.            KETENTUAN PENDAFTARAN
Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru Kelas VII SMP Dwijendra Denpasar Tahun Pelajaran 2014 / 2015, calon peserta didik yang mendaftar harus mengikuti proses seleksi penerimaan peserta didik di SMP Dwijendra Denpasar Tahun Pelajaran 2014 / 2015 yang telah ditentukan.
Proses Pendaftaran
Cara pendaftara secara kolektif dilakukan dengan mendaftar di sekolah dasar masing-masing melalui guru atau kepala sekolah. Untuk secara perorangan dilakukan dengan cara mendaftarkan langsung ke sekretariat Penerimaan Peserta Didik Baru di SMP Dwijendra Denpasar, yang beralamat di Jalan Kamboja No.17 Denpasar (formulir terlampir).
Persyaratan Pendaftaran
  1. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.45.000,00
  2. Mengisi formulir pendaftaran
  3. Menyerahkan masing-masing 2 lembar pas foto hitam putih ukuran 3 x 4 cm
  4. Menyerahkan foto copy ijasah yang telah dilegalisir sebanyak 1 lembar (bisa menyusul)
  5. Mengikuti psikotest langsung pada saat pendaftaran tanpa diwakilkan
2.2.            JADWAL KEGIATAN
Pendaftaran : Tanggal 20 Mei s/d 14 Juli 2014

Daftar Ulang : Tanggal 20 Mei s/d 14 Juli 2014

2.3.            BIAYA KEGIATAN
Bagi pendaftar Peserta Didik Baru yang telah lulus psikotest, mendaftar kembali dengan membayar uang pangkal sebagai berikut :
BIAYA DAFTAR KEMBALI
 
NO URAIAN VOLUME JUMLAH(Rp)
1 Dana MOS
170.000
2 Tirta Gumana
180.000
3 Dana Alat/Media Pembelajaran
550.000
4 Buku Tulis Dwijendra
100.000
5 Dana Upakara dan Upacara
150.000
6 Dana Pembangunan/Perawatan Gedung
1.000.000
7 Dana Buku Profil Sekolah
80.000
8 Dana Transportasi + Dana Dharmayatra
120.000 
JUMLAH
2.625.000
2.4. PENGUMUMAN
  1. Peserta didik baru masuk tanggal 11 Juli 2014 (pakaian sekolah SD) pukul 07.30 wita untuk pembagian kelas dan persiapan Masa Orientasi Siswa (MOS)
  2. Hal-hal yang kurang jelas dapat ditanyakan pada waktu pendaftaran
  3. Biaya yang telah dibayarkan pada saat pendaftaran kembali tidak dapat ditarik kembali.

BAB III
PENUTUP
3.1.            KESIMPULAN
Dengan selasainya menyusun rencana / program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Hal ini adalah suatu upaya demi lancarnya kegiatan pendidikan khususnya pada tahun ajaran 2014/2015 di SMP Dwijendra Denpasar sesuai dengan visi yaitu Membentuk insan cerdas, unggul, taat dan berbudaya.
Program ini dapat tercapai jika semua pihak baik itu pemerintah, orang tua, masyarakat memberi dukungan dengan sepenuh hati baik itu moril maupun materil.
Demikian program ini kami buat mudah-mudahan menjadikan acuan bagi kita semua .  Terima kasih.

0 comments:

Posting Komentar