Selasa, Desember 22, 2015

Tirtayatra ke Pura Alas Purwo dan Gunung Arjuno

Dalam mengisi libur akhir semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016, SMP Dwijendra Denpasar mengajak guru dan pegawainya melaksanakan tirtayatra dari tanggal 14 sampai 17 Desember 2015.
Adapun tujuan tirtayatra hari pertama adalah Pura Luhur Gili Salako di Alas Purwo. Rombongan berangkat dari Denpasar jam 04.30 dengan dua bus menuju Gilimanuk. Pukul tujuh pagi rombongan tiba di Pura Rambut Siwi dan peserta berkesempatan mohon tirta supaya selamat sampai tujuan.
Setelah itu rombongan berangkat lagi dan sampai di Pelabuhan Gilimanuk jam 9 pagi dan langsung menyebrang ke Ketapang Banyuwangi.
Perjalanan sekarang menuju Pura Blambangan untuk menghaturkan persembahyangan dan berganti bus dengan lokal transport. Inilah yang paling berkesan.
Rombongan akhirnya tiba di Pura Alas Purwo pukul 1 siang waktu Denpasar. Setelah menghaturkan persembahyangan dan mendengarkan cerita asal muasal Pura Luhur Gili Salako dari Pemangku setempat, rombongan diperkenankan melihat satu wilayah yang belum dibangun tapi dipercaya sebagai tempat yang sakral selain pura yang sudah ada. Pada saat ini banyak rombongan merasa aura mistis sangat kuat.

0 comments:

Posting Komentar