Sabtu, April 05, 2014

Info UN 2014 : Kunci Jawaban UN Sudah Marak Beredar


Info UN 2014 : Kunci Jawaban UN Sudah Marak Beredar

Info UN 2014 : Kunci Jawaban UN Sudah Marak Beredar

iBerita.com — Info UN 2014 : Kunci Jawaban UN Sudah Marak Beredar. Jika tidak bisa lulus dari Ujian Nasional (UN) sepertinya merupakan aib yang sangat besar bagi sejumlah orang. Alhasil, hal ini sering dimanfaatkan sejumlah oknum untuk melakukan kecurangan dengan menjual kunci jawaban UN. Lalu, kunci tersebut benar atau tidak?
Isu mengenai kunci jawaban UN tingkat SMA sudah mulai merebak di berbagai wilayah, salah satunya di Surabaya. Kali ini temuan dari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGR) Jawa Timur.
“Kita menemukan sejumlah oknum menawarkan kunci jawaban dengan harga Rp190.000 untuk setiap paket soal yang ada di UN,” kata Biro Penelitian  dan Pengembang (Litbag) PGRI JatimEdy Suyatno di Surabaya, Kamis (3/4).
Edy Suyatno kemudian melaporkan hasil temuan itu dihadapan staff ahli  Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang hadir dalam dialog `Implementasi Kurikulum 2013 dan Ujian Nasional Tahun 2014` di Surabaya. Laporan mengenai isu kunci jawaban memang sudah lama beredar. Tapi saat dicek langsung di lapangan, ternyata oknum yang  menawarkan jasa kunci jawaban UN.
Pihaknya mengaku sangat prihatin kaerena  dilakukan oleh oknum.  Bahkan, dari informasi yangditerim sudah banyak siswa yang membeli. “Yang kita khawatirkan adalah itu hanya aksi sejumlah oknum yang ingin  menarik keuntungan dari siswa yang panik tak lolos,” kata Edy Suyatno.
Saat ditanya mengenai hubungannya dengan situasi politik yang mulai memanas, mengingat tawaran bocoran soal sudah  beredar sepekan sebelum UN. “Kami tak tahu apakah ada kaitannya, sebab  siswa SMA itu sendiri yang datang laporan ke PGRI Jatim,” ucap Edy.
Staff Khusus Kemendikbud Bidang Komunikasi dan Media, Sukemi, dalam menanggapi mulai beredarnya kunci jawaban UN ini, ia meminta guru maupun PGRI segera melaporkannya segera ke Kemendikbud, bisa  langsung SMS ke 0811976929.
“Tapi laporan hanya akan kami tindak lanjuti jika laporannya sebelum UN  berlangsung. Kalau sudah selesai dan ada kunci jawaban ditemui, kami  khawatir itu hanya perbuatan orang yang sengaja membuar kisruh UN,”  ujarnya.


0 comments:

Posting Komentar