Rabu, September 11, 2013

MotoGP 2013 Silverstone Inggris: Kembali Duel Asyik JL Vs MM, Lorenzo Pemenangnya



ManiakMotor – Pertarungan yang menarik dan bikin penonton gemetar dan tegang sampai tangan keringat dingin, hehe. Begitulah race ronde 12 MotoGP 2013 di sirkuit Silverstone Inggris, Minggu 1 September 2013. Rombongan depan seperti pengulangan sirkuit Brno. Pertarungan tiga Spanyol dengan dua Honda dan satu Yamaha. Tetapi yang sodok-sodokkan terkahir Jorge Lorenzo (Yamaha) dan Marc Marquez (Honda).
Lorenzo sejak setart sudah langsung melejit ke depan seperti juga yang terjadi di Indianapolis dan Brno. Tapi kali ini dia yang untung. Separuh lomba ia mulai disodok-sodok Marquez yang dibayangi Dani Pedrosa. Pertahanan JL menutup racing line untuk sementara memang kuat. Ia pun sepanjang lomba mungkin sudah mulai pasang strategi bila tersalip.
Toh, menang atau tidak pun dalam lomba ini Honda mulai serba bisa di semua sirkuit. Ingat Silverstone adalah sirkuit yang sangat cepat yang separuh musim lalu mutlak dikuasai Yamaha untuk model sirkuit seperti ini. Tetapi di Silverstone ini, MM dan Pedrosa sepanjang balapan bisa tempel Lorenzo. JL sendiri tak bisa kabur sendirian ke depan dan juara direbutnya dengan perjuangan keras dan usai finish doski merayakan dengan  emosional.
 
Langsung ke pertarungan tiga lap sebelum finish, karena lap ini yang bikin sangat tegang dari tegang biasa-biasa saja di lap sebelumnya. Permainan teknik tinggi dengan individu yang ada isinya. Ya isinya ilmu balap pelakuknya. Itu adalah duel siapa yang berani antara MM dan JL. Ternyata sama-sama wani dan sama-sama mau. Namun JL adalah pemain senior, ia bisa memanfaatkan sudut-sudut sirkuit yang diambil jauh lebih tipis dari MM dan bisa mengejar ulang Marquez, sejak ia dicuri di salah satu sudut.   
MM sendiri rupanya saat mengambil ulang lagi sudah rada 'kacau sedikit' jalurnya. Karena ia tidak menyangka, JL ternyata bisa mengejar ulang, juga tak kalah lebih berani dan tetap tenang membaca gerak-geriknya di jok  motornya. Makanya usaha MM di lap terakhir menikam dari sudut sempit seperti  dilakukannya di Jerez telah diantisipasi dengan jernih oleh JL.
JL pun boleh mengejarnya ulang. Maklum sudut begitu memaksa motor RC213V MM berakibat lebih pelan. Padahal di depan masih ada tikungan, bukan trek lurus seperti Jerez. Ya diambil lagi oleh JL yang bertepatan ia berada di sisi dalam di tikungan berikutnya. Juga didukung set-up M1 yang pas untuk Silverstone, dan finish.
Ok deh tunggu ulasan berikutanya. Yang jelas JL bisa memotong 5 poin dari MM alias tinggal selisih 39 poin dari 44 poin.
Sumber : http://maniakmotor.com/index.php/moto-gp/3897-motogp-2013-silverstone-inggris-race-kembali-duel-asyik-jl-vs-mm-lorenzo-pemenangnya
 

0 comments:

Posting Komentar