Selasa, November 27, 2012

Be Pe SIAP JADI GOALKEEPER

          KUALA LUMPUR (Suara Karya): Timnas Indonesia praktis tinggal menyisakan satu nama pemain sebagai kiper, yakni Wahyu Tri Nugroho, dalam laga selanjutnya menghadapi Singapura. Hal itu terjadi karena kiper utama, Endra Prasetya, mendapatkan kartu merah saat pertandingan perdana Indonesia melawan Laos, Minggu (25/11). 


Ketika dimintai konfirmasinya, pelatih Nil Maizar mengaku telah berbicara kepada Media Officer AFF untuk memproses hal itu. Pasalnya, Timnas Indonesia hanya menyertakan dua penjaga gawang dari 22 nama pemain yang dibawa dalam laga AFF 2012. 


"Kita tidak punya kiper cadangan, tinggal Wahyu Tri. Kita sudah melayangkan permintaan untuk menambah kiper lagi ke AFF, tetapi saat ini masih menunggu jawaban," tutur Nil Maizar.


Alhasil, dengan keadaan itu, Nil Maizar bersama tim pelatih harus memutar otak untuk mencari siapakah selanjutnya pemain yang siap untuk melapisi Tri Wahyu. "Kita harus secepatnya menyiapkan pemain pengganti," ujar Nil Maizar. 


Ketika diminta komentarnya, Kapten Timnas Indonesia Bambang Pamungkas mengatakan, setiap laga pertama di dalam sebuah turnamen memang selalu sulit. "Kita bermain dengan sepuluh pemain, jadi bukan secara individu. Kita juga tidak bisa menyerah meski hanya tampil dengan satu penjaga gawang. Kita tetap harus berjuang hingga akhir permainan," katanya. 


Bambang Pamungkas sebagai kapten tim juga menyatakan siap jika nanti ditunjuk untuk melapisi Wahyu Tri Nugroho sebagai penjaga gawang Timnas Indonesia. "Apa pun yang terjadi. kita harus menghadapinya. Sekalipun saya harus menjadi penjaga gawang, saya siap," ujar pria yang akrab disapa Bepe itu.


Selain krisis penjaga gawang, lini pertahanan Timnas Indonesia juga dalam masalah. Hamdi Ramdan yang selama ini menjadi tandem Wahyu Wijiasnanto kembali mengalami cedera ringan.


Sementara itu, berkaitan dengan kartu merah yang didapatnya, Endra Prasetya menerima kenyataan itu dan tetap mendukung rekan-rekannya di Timnas.


"Meski saya tidak bisa bermain, saya akan tetap mendukung teman-teman, apa pun yang terjadi," kata Endra seperti dilansir Antara.


Peluang Indonesia lolos ke semifinal menjadi berat. Hal ini tidak lepas dari hasil kurang memuaskan kala melakoni laga pertama, Minggu (25/11). Melawan Laos, Bambang Pamungkas dan kawan-kawan hanya meraih satu poin setelah bermain imbang 2-2.


Atas hasil itu, Indonesia diharapkan bisa menuai kemenangan di dua laga tersisa, yaitu melawan Singapura (28/11) dan Malaysia (1/12). Hasil itu perlu dicapai apabila ingin lolos ke semifinal.


Akan tetapi, seperti yang diakui pelatih Timnas Indonesia U-17, Indra Sjafri, meraih kemenangan di dua laga sisa tidaklah mudah. Apalagi, satu lawan Indonesia selanjutnya, Singapura, kini dalam kepercayaan diri yang baik usai mengalahkan Malaysia 3-0.


"Singapura tampil luar biasa. Mereka berhasil mengalahkan tuan rumah Malaysia, sedangkan Indonesia ditahan imbang Laos. Melihat pertandingan pertama, Singapura sepertinya sudah mempersiapkan diri sejak jauh-jauh hari, sementara Indonesia menggelar persiapan seadanya dan mengalami beberapa masalah," katanya.


Meskipun demikian, Indra Sjafri menilai peluang Indonesia tetap ada. Faktor kejelian dalam memilih pemain dan perbaikan mental bertanding, menurut dia, bisa mengubah segala kemungkinan menjadi kenyataan.


"Jadi, sekarang tinggal pelatih seperti apa. Ia harus bisa mengembalikan kondisi mental pemain agar siap tempur dan jeli dalam memilih pemain," ujar Indra Sjafri.


Di kubu lawan, Timnas Singapura tampil mengejutkan pada ajang Piala AFF 2012. Di laga pembuka, skuad The Lions langsung menggebrak dengan mencundangi tuan rumah sekaligus juara bertahan, Malaysia. 




Menilik rekor pertemuan Singapura-Indonesia di Piala AFF (dulu Piala Tiger), Singapura bisa sedikit jemawa karena belum pernah kalah dalam enam pertemuan, bahkan empat di antaranya berakhir dengan kemenangan. (Syamsudin W)

2 comments:

cesar mengatakan... Balas

kereeeennn.......... :))

Mr. Wednesday mengatakan... Balas

@cesar Terus berkarya gan
Sip kontribusinya

Posting Komentar