Jumat, Juni 27, 2014

Mengatasi angka desimal pada Mail Merge

Berita dari kawan; Saya menggunakan Mail Merge untuk merekap nilai. Untuk data sourcenya saya menggunakan excel. Ketika mengelola anggka/numerik saya mengalami permasalahan saat menginput angka desimal. Pada excel saya sudah mengatur format desimal 2 angka dibelakang koma (1,34) namun ketika dieksekusi dari word yang muncul adalah 1.3400000000000001.
Tentunya penampilan itu sangat mengganggu karena saya hanya membutuhkan 2 angka dibelakang koma. Setelah saya coba-coba akhirnya ketemu cara berikut:
  1. Buka Ms Word (saya menggunakan 2010), klik kanan pada field yang akan dibuat menjadi desimal 2 angka dibelakang koma.
  2. Pilih Edit Field
  3. Klik Field Codes
  4. Tambahkan \# “0.00″ pada bagian belakang tulisan yang muncul pada Field Codes. Jika mensetting regional time Indonesia maka tanda “.” diganti “,” misal : \# “0,00″. Misal tulisan yang muncul MERGEFIELD angka, maka setelah ditambahkan kode diatas menjadi MERGEFIELD angka\# “0.00″.
  5. Kemudian OK. Sekarang field pada Ms Word yang muncul dengan format 2 angka dibelakang koma.
  6. Untuk masalah penulisan format tanggal  caranya sama saja seperti diatas. Hanya pada bagian belakang field ditambahkan :
      1. \@ “d MMMM yyyy” menjadi 1 Desember 2013
      2. \@ “dd MMMM yyyy” menjadi 01 Desember 2013
      3. \@ “d-MM-YYYY” menjadi 1-12-2013
  7. Untuk masalah penulisan format uang  caranya sama saja seperti diatas. Hanya pada bagian belakang field ditambahkan : \# “#.##0,00″
Semoga tulisan ini bermanfaat.
Sumber :http://budahartawan.com/mengatasi-angka-desimal-pada-mail-merge/

0 comments:

Posting Komentar